BLOGGER TEMPLATES AND TWITTER BACKGROUNDS

Sabtu, 20 Agustus 2011

Hardware, Software, dan Brainware untuk Koneksi Internet


PSPB (Pelajar Sukses Pasti Belajar)
Nama    : Tri Ajeng Kusuma Wardani
Kelas     : XI IPA 3
KD          : Hardware, Software, dan Brainware untuk Koneksi  Internet

1.       Jenis hardware untuk koneksi internet, fungsinya, mereknya, pabriknya/perusahaannya dan tahun peluncurannya !


          * Untuk dapat mengakses internet, ada beberapa macam perangkat keras yang dibutuhkan antara
             lain:
Perangkat yang penting:
  1. Komputer (Sudah tentu )
  2. Modem(Modulator Demodulator)
  3. Saluran telpon
1. Komputer
Komputer merupakan komponen utama untuk dapat mengkases internet (sudah tau khan?? ). Spesifikasi komputer  yang digunakan dalam koneksi internet sangat mentukan cepat atau lambatnya kinerja akses internet. semakin tinggi spesifikasi sebuah komputer, semakin cepat kinerja akses internet, begitu pula sebaliknya.
Spesifikasi minimal sebuah komputer dalam akses internet anatra lain sebagi berikut:
  1. Processor disebut juga otak dari computer, karena dalam processor ini data yang masuk ke dalam computer akan diproses sehingga menghasilkan keluaran yang dapat diterima oleh pemakai baik berupa audio, visual, ataupun audio visual.Processor minimal pentium III 500Mhz. Sebuah processor sangat penting bagi sebuah computer karena kemampuan processor akan mempengaruhi kemampuan computer dalam memproses data yang pada akhirnya akan mempengaruhi kinerja computer secara keseluruhan. Semakin tinggi kemampuan sebuah processor maka akan semakin tinggi pula kemampuan computer dalam memproses data. Media ini terdiri dari 2 bagian yaitu :
    1. Arimatik Logik Unit ( ALU )
    berfungsi untuk melakukan operasi-operasi aritmatika dan logika. Sesuai dengan perintah program
    2. Control Unit
    CU berfungsi mengatur perangkat input dan output.
    Perangkat input adalah perangkat keras yang berfungsi untuk memasukkan data ke komputer agar dapat diterjemahkan dengan baik oleh computer. Seperti : keyboard, mouse, scanner, monitor (toof screen ), printer, dll.Ukuran dari suatu prosesor di notasikan dalam Mega Hertz ( MHz ) sampai Giga Hertz ( GHz ) disebut dengan dok. Ukuran ini memperlihatkan kecepatan proses dalam mengolah data. Merk- merk : Intel, Amd, Ibm, VIA, dll..
  1. RAM (Random Access Memory) berfungsi sebagai media penyimpanan sementara. RAM minimal 64MB
  1. Harddisk digunakan untuk media penyimpanan data secara magnetik. Harddisk minimal 10GB
  1. VGA card, merupakan perangkat keras untuk menampilakan gambar pada layar monitor. VGA card minimal 4MB
Monitor, merupajan perangkat output untuk menampilkan proses kerja dari komputer.
2. Modem
Modem berasal dari singkatan MOdulator DEModulator. Modulator merupakan bagian yang mengubah sinyal informasi kedalam sinyal pembawa (Carrier) dan siap untuk dikirimkan, sedangkan Demodulator adalah bagian yang memisahkan sinyal informasi (yang berisi data atau pesan) dari sinyal pembawa (carrier) yang diterima sehingga informasi tersebut dapat diterima dengan baik. Modem merupakan penggabungan kedua-duanya, artinya modem adalah alat komunikasi dua arah.
Secara singkatnya, modem merupakan alat untuk mengubah sinyal digital komputre menjadi sinyal analog dan sebaliknya. Komputer yang melakukan koneksi dengan internet dihubungkan dengan saluran telpon melalui modem. Berdasarkan fungsinya modem dibagi menjai tiga jenis. Antara lain:
1. Modem Dial Up
Modem dial Up biasa digunakan oleh Personal Computer (PC) yang langsung dihubungkan melalui saluran telpin. Jenis modem dial up ada dua macam yaitu:
1) Modem Internal
Merupakan modem yang dipasang dalam komputer terutama pada slot ekspansi yang tersedia dalam mainboard komputer. Rata-rata kecepatan modem internal untuk melakukan download adalah 56 Kbps.
Adapun keuntungan penggunakan modem internal sebagi berikut.
a) Lebih hemat tempat dan harga lebih ekonomis
b) Tidak membutuhkan adaptor sehingga terkesan lebih ringkas tanpa ada banyak kabel.
Sedangkan kelemahan modem internal sebagai berikut.
a) Modem ini tidak memerlukan lampu indikator sehingga sulit untuk memantau status modem
b) Modem ini tidak menggunakan sumber tegangan sendiri sehingga membutuhkan daya dari power supply. Hal ini mengakibatkan suhu dalam kotak CPU bertambah panas.
2) Modem Eksternal
Modem eksternal merupakan modem yang letaknya diluar CPU komputer. Modem ekternal dihubungkan ke komputer melalui port com atau USB. Pemasangan modem ini adalah dengan cara menghubungkan modem ke power dan menghubungkannya lagi ke adaptor lalu disambungkan kembali ke listrik.
Keuntungan modem eksternal:
a) Portabilitas yang cukup baik sehingga bisa pindah-pindah untuk digunakan pada komputer lain
b) dilengkapi lampu indikator sehingga mudah untuk memantau status dari modem.
Kelemahan dari modem eksternal.
a) harga lebih mahal dari pada modem internal
b) membutuhkan tempat atau lokasi tersendiri untuk menaruh modem tersebut.
2. Modem Kabel
Modem Kabel (Cable Modem), adalah perangkat keras yang menyambungkan PC dengan sambungan TV kabel. Jaringan TV kabel ini dapat dipakai untuk koneksi ke internet dengan kecepatan lebih tinggi dibandingkan dengan modem dialup atau modem ADSL, kecepatan modem kabel maksimum 27Mbps downstream (kecepatan download ke pengguna) dan 2,5Mbps upstream (kecepatan upload dari pengguna). Sebelum dapat terkoneksi dengan internet, maka pengguna diharuskan untuk melakukan pendaftaran kepada penyedia jasa TV kabel dan ISP (internet Service Provider).
3. Modem ADSL (asymmetric Digital Subscriber line)
ADSL atau Asymmetric Digital Subscriber Line adalah salah satu bentuk dari teknologi DSL. Ciri khas ADSL adalah sifatnya yang asimetrik, yaitu bahwa data ditransferkan dalam kecepatan yang berbeda dari satu sisi ke sisi yang lain. Ide utama teknologi ADSL adalh untuk memecah sinyal line telpon menjadi dua bagian untuk suara dan data. Hal ini memungkinkan pengguna untuk melakuakn atau meneima panggilan telpon dan melakukan koneksi internet secara simultan tanpa saling menggangu.
3. Saluran Telpon
Saluran telpon juga merupakan perangkat keras yang penting dan diperlukan untuk menghubungkan komputer dengan internet. Penggunaan sauran telpon ini juga diikuti dengan penggunan modem dial up. Selain saluran telpon, untuk melakukan akses internet juga bisa dilakukan dengan menggunakan TV kabel. Untuk bisa mengakses internet menggunakan jaringan TV kabel maka modem yang dipakai adalah modem kabel.
PERANGKAT KERAS PENDUKUNG AKSES INTERNET
Selain ketiga perangkat utama di atas (computer, modem, saluran telpon) terdapat juga beberapa perangkat keras pendukung akses internet. Antara lain:
  • 1. Hub/Switch
Hub merupakan perangkat keras yang digunakan untuk menggabungkan beberapa computer. Hub menjadi saluran koneksi sentral untuk semua computer dalam jaringan. Hub dibedakan menjadi dua yaitu, active hub merupkan sebuah repeater elektrik yang dilenggkapi dengan 8 konektor yang berfungsi untuk membentuk sinyal digital yang dikirim dan menyesuaikan impedensinya untuk memelihara data sepanjang jalur yang dilaluinya, yang kedua adalah passive hub merupakan sebuah repeater elektrik yang memiliki 4 konektor yang berfungsi untuk menerima sinyal pada salah satu konektor dan meneruskannya pada tiga konektor lain.
  • 2. Repeater
Repeater merupakan perangkat yang digunakan untuk menerima sinyal dan memancarkan kembali sinyal tersebut dengan kekuatan yang sama dengan sinyal asli, singkatnya repeater berfungsi untuk menguatkan sinyal agar sinyal dikirim sama dengan sinyal aslinya.
  • 3. Brige
Berige merupakan perangkat lunak menghubungkan dua buah jaringan secara fisik yang menggunakan protocol sama/sejenis. Dengan bridge sebuah paket data mampu dikirim dari satu LAN ke LAN lain.
  • 4. Router
Router merupakan perangkat yang berfungsi hamper sama dengan bridge. Namun perangkat ini punya keunggulan selain untuk menghubungkan dua buah LAN dengan tipe sama, router juga bisa untuk menghubungkjan dua buah LAN dengan tipe berbeda.



               fungsinya/ 

2.       Jenis software untuk koneksi internet, fungsinya, mereknya, pabriknya/perusahaannya, dan tahun peluncurannya !

*     Perangkat lunak (Software) untuk mengakses internet antara lain meliputi sistem operasi,web browser,email client (mail user agent), dan instant messaging client.

a. Sistem operasi 
     Sistem operasi yang digunakan hendaknya disesuaikan dengan perangkat keras yang digunakan.Perhatikan keterangan minimum hardware requirement pada boks perangkat lunak sistem operasi yang akan anda beli.Komputer dengan perangkat keras terbaru biasanya telah mampu menjalankan sistem operasi windows XP atau windows Vista.Selain menggunakan Windows XP atau Vista.Anda bisa juga menggunakan sistem operasi gratis seperti Ubuntu Linux,OpenSuSE,Fedora Core,dan Mandriva.Untuk pengguna Macintosh biasanya telah terinstal sistem operasi Mac OS.

b. Web Browser
          Web browser adalah perangkat lunak yang berfungsi menampilkan dan melakukan interaksi dengan dokumen-dokumen yang disediakan oleh server web.Web sendiri adalah kumpulan jaringan berisi dokumen dan tersambung satu dengan yang lain,yang dikenal sebagai World Wide Web.Contoh web browser antara lain Internet Explorer,Mozilla Firefox,Opera,Netscap Navigator dan Safari.Internet Explorer biasanya hanya tersedia pada sistem operasi Windows,dari sejak Windows 98 sampai dengan Windows Vista.Sebaliknya,Mozilla Firefox dan Opera tersedia pada Windows,Mac OS,maupun Linux.Safari dulu hanya tersedia untuk Mac OS,kini telah ada versi Safari untuk Windows.

c. Email Client
               E-mail Client berfungsi untuk mengelola email.Contoh email client antara lain Microsoft Outlook Express,Microsoft Office Outlook,dan Mozilla Thunderbird.

d. Instant Messging Client
               Intanst messaging client  sebagai sarana chatting,yaitu melakukan percakapan dengan saliing mengirim dan menerima pesan berupa teks.Contoh instan messaging client adalah ICQ,Yahoo! Messanger,iChat,dan Pidgin.


3.       Jenis brainware yang terlibat di dunia internet baik dari kelompok baik maupun dari kelompok jahat !

* Komponen Brainware pada umumnya dibagi dalam bagian yang dapat menunjang adanya internal check yang memadai, yaitu :

  1. Operator Komputer bertanggung jawab untuk mengolah data melalui sistem yang berhubungan dengan komputer. Operator harus mengikuti instruksi yang ditetapkan dalam runbook yang telah disusun oleh Programmer. Disini perlu adanya pembatasan agar Operator tidak dapat memodifikasi program sebelum atau selama program itu berjalan.
  2. Teknisi adalah seorang yang bertanggung jawab untuk maintenance tentang segala jenis permasalahan komputer. Seorang Teknisi harus mempunyai pengetahuan luas mengenai troubleshooting dan sebagainya.
  3. Trainer adalah seorang Brainware yang mempunyai pengetahuan lebih banyak di banding lainnya, dan Brainware ini bertanggung jawab untuk mendidik dan mengajar di bidangnya.
  4. Konsultan adalah Brainware yang bertanggung jawab layaknya seorang penasehat handal di dalam bidangnya.
  5. Project Manager adalah Brainware yang bertanggung jawab sebagai pemimpin / komando di suatu project tertentu. Bisa disebut juga Mandor :D.
  6. Programmer bertugas membuat aplikasi komputer sehingga dapat memudahkan kinerja manusia melalui program yang telah dibuatnya.
  7. Graphic Designer seorang Brainware yang berkecimpung di dunia Design Grafis dan mahir dalam hal membuat suatu objek animasi.
  8. Spesialis Jaringan adalah seorang Brainware yang sudah mahir di dalam dunia Jaringan Komputer. Dia bertanggung jawab atas semua hal yang berhubungan dengan Jaringan Komputer.
  9. Database Administrator adalah Brainware yang bertanggung jawab terhadap database suatu aplikasi, organisasi dan sebagainya.
  10. System Analis adalah Brainware yang bertanggung jawab untuk mendesain, merancang dan menganalisa suatu program yang akan dibuat maupun sudah jadi. Jadi seorang Sistem Analis harus berhati – hati dalam merancang suatu aplikasi agar tidak terjadi kesalahan yang fatal.
Berikut adalah komponen brainware berdasarkan media organisasinya :
  • Network Platform
    1. Administrator
    2. Backup Operator
    3. Network Config Operator
    4. Power User
    5. Remote Desktop User
    6. Replicator
    7. User
    8. Guest
    9. Debugger User
    10. Help Services Group
  • Web Platform
    1. Web Master
    2. Designer
    3. Operator
    4. User
  • Software Builder
    1. Analisis Sistem
    2. Programmer
    3. Operator
  • Jenis brainware kelompok jahat di dunia internet:
    Sampai saat ini belum ada istilah yang baku terhadap pengertian penyalahgunaan komputer untuk tindak kejahatan. Banyak ragam istilah digunakan dalam berbagai literatur. Penggunaan dalam berbagai produk hukum pun beragam, berikut ini beberapa contoh;
    - computer crime;
    - computer-related crime;
    - computer fraud;
    - computer-assisted crime; dan
    - computer abuse.

    Selain istilah-istilah tersebut, terdapat juga beberapa pengertian yang dikemukakan oleh beberapa ahli dan lembaga studi, antara lain:

    1. Encyclopedia of crime and justice, New York: Free Press, 1983, (volume 4 hlm. 218-222):
    Setiap perbuatan melawan hukum yang memerlukan pengetahuan tentang teknologi komputer yang bertujuan untuk dapat melakukan kejahatan yang dapat dikategorikan dalam dua bentuk, yaitu:
    penggunaan komputer sebagai alat untuk suatu kejahatan, seperti pemilikan uang secara ilegal, pencurian properti atau digunakan untuk merencanakan suatu kejahatan;
    komputer sebagai obyek dari suatu kejahatan, seperti sabotase, pencurian atau perubahan data-data.

    2. Andi Hamzah:
    Kejahatan komputer bukan sebagai kejahatan baru, melainkan kejahatan biasa, karena masih mungkin diselesaikan melalui KUHP ("Guns don't kill people, people do").

    3. OECD (Organization for Economic Cooperation Development):
    Setiap tindakan yang tidak sah, tidak etis, atau yang tidak berlandaskan pada cukup kewenangan, yang melibatkan pemrosesan data otomatis dan/atau transmisi data, di mana definisi tersebut juga meliputi:
    Kejahatan ekonomi yang berkaitan dengan komputer (penipuan, spionase, sabotase);
    Pelanggaran privasi individual yang berkaitan dengan komputer; dan
    Pelanggaran terhadap kepentingan publik yang berkaitan dengan komputer (Pelanggaran terhadap kebijakan keamanan nasional dan kendali aliran data antarbatas dan integritas dari prosedur yang berdasarkan komputer dan jaringan komunikasi data atau legitimasi demokratis atau keputusan-keputusan yang berdasarkan komputer).

    4. G.M. Samadikun:
    memberikan definisi yang sama dengan batasan yang diberikan oleh OECD, hanya ditambahkan, bahwa: "obyek dari penipuan dengan sarana komputer biasanya berupa data mengenai aset yang disimpan dan diolah setiap hari oleh komputer".

    5. LPKIA (Lembaga Pendidikan Komputer Indonesia Amerika):
    Penggunaan komputer secara ilegal. Bentuk-bentuk Kejahatan Cyber
    Pada umumnya ada lima bentuk kejahatan cyber:

    1. The Trojan Horse
    Merupakan prosedur untuk menambah, mengurangi atau merubah instruksi pada sebuah program, sehingga program tersebut akan menjalankan tugas lain yang tidak sah dari tugasnya.

    Cara-caranya antara lain :
    Mengubah program yang ada sehingga program tersebut akan melakukan penghitungan pembulatan yang salah. Sering terjadi pada pembobolan kartu kredit atau pada rekening tabungan nasabah yang ada pada Bank.
    Mengubah program yang ada untuk memasukkan transaksi-transaksi tertentu, sehingga transaksi tersebut dikenal oleh spesifikasi sistem, sedangkan untuk transaksi yang tidak dikenal dapat dimasukkan bersama-sama dengan transaksi lainnya.
    Mengubah program yang ada sehingga dapat memanipulasi keseimbangan pada suatu penghitungan keuangan tertentu.
    Memasukkan instruksi yang tidak sah, dapat dilakukan baik oleh yang berwenang maupun tidak, yang dapat mengakses suatu sistem dan memasukkan instruksi untuk keuntungan sendiri dengan melawan hukum.

    2. Data Diddling
    Data yang sah diubah dengan cara yang tidak sah, yaitu:
    Mengubah data input, yang dilakukan seseorang dengan cara memasukkan data yang menguntungkan diri sendiri secara melawan hukum.
    Mengubah print-out atau output dengan maksud mengaburkan, menyembunyikan data atau informasi dengan itikad tidak baik.
    Penggelapan, pemalsuan, dan atau pemberian informasi melalui komputer yang merugikan pihak lain dan menguntungkan diri sendiri.
    Dengan sengaja menyebarkan virus yang dapat merusak sistem komputer.

    3. Data Leakage (Kebocoran Data)
    Data rahasia perusahaan/instansi yang dibuat dalam bentuk kode-kode tertentu bocor atau dibawa keluar tanpa diketahui. Dapat dilakukan dengan cara:
    Perusakan sistem komputer,
    Hacking, yaitu melakukan akses tanpa izin atau dengan melawan hukum terhadap sistem pengamanan komputer.

    4. Wiretapping
    Penyadapan data melalui saluran transmisi data (kabel telepon, serat optik atau satelit).

    5. Internet Piracy
    Perbuatan pidana yang berkaitan dengan hak milik intelektual, hak cipta, dan hak paten, berupa pembajakan dengan memproduksi barang-barang tiruan untuk mendapat keuntungan melalui perdagangan, termasuk rahasia dagang dan hak moral.

    Perbuatan-perbuatan kejahatan cyber dalam beberapa kasus umumnya dilakukan oleh orang dalam (insider) atau mereka yang pernah bekerja pada suatu instansi yang mempunyai peralatan komputer, telekomunikasi, dan informasi baik berupa hardware, software maupun brainware dan rasa keingintahuan yang tinggi, beberapa contoh kasusnya antara lain :
    - Pembobolan BRI cabang Brigjen Katamso Yogyakarta, 15 September - 12 Desember 1982;
    - Pembobolan BNI New York, 31 Desember 1986;
    - Pembobolan BDN cabang Bintaro Jaya, 1988;
    - Pembobolan Bank Danamon pusat, 1998;
    - Pembobolan Bank Danamon Glodok Plaza, 1990;
    - Pembobolan BRI cabang Jatinegara Timur, 1991;
    - Percobaan pembobolan Union Bank of Switzerland di London, 1988;
    - Pembajakan mapping products milik Loxtech, Ltd. oleh Thaimapguide.com.

    Kesimpulan
    Kejahatan cyber dalam komunitas global masyarakat pengguna internet adalah suatu hal yang dapat disadari atau tanpa disadari, sengaja atau tidak sengaja dilakukan. Hal ini terjadi karena perkembangan tekhnologi informasi dan tingkat intelektualitas/intelegensia masyarakat yang semakin meningkat. Faktor internet itu sendiri juga menimbulkan selentingan-selentingan maya pada pengguna internet untuk terus dan terus mencari dan mencoba.
    Penyalahgunaan komputer baik sebagai subyek, obyek, alat atau sebagai simbol kiranya telah menjadi suatu momok tersendiri bagi keamanan lalu lintas hubungan antara pemakai jasa internet. Di antara berbagai bentuk kejahatan cyber yang paling banyak meresahkan masyarakat adalah manipulasi komputer sebagai bagian dari computer-related economic crimes dan meng-copy dan menjual copy computer software secara tidak sah.
Sumber :

0 komentar: